Tari Barong

adalah salah satu tarian tradisional yang menggunakan media topeng dan kostum sebagai perwujudan dari makhluk-makhluk yang dipercaya oleh masyarakat Bali. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Tari Barong ini dianggap kesenian yang sakral sehingga terdapat juga kesan mistis di dalamnya. Tari Barong ini merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal di Bali. selain memiliki nilai seni, Tari Barong ini juga memiliki makna-makna spiritual.

Sejarah Tari Barong

Asal usul dari Tari Barong ini masih belum ketahui secara pasti, namun ada beberapa versi sejarah yang menceritakan tentang sejarah tentang awal terbentuknya Tari Barong ini. Pertama dari mitologi Hindu yang menjelaskan bahwa barong diambil dari kata Bahruangd alam bahasa sansekerta merupakan binatang yang dianggap memiliki kekuatan gaib dan sering disebut sebagai pelindung kebaikan.

Ada juga yang menyebutkan, Tari Barong awalnya merupakan perwujudan dari penguasa alam gaib yang ada di Bali. Pada saat itu masyarakat Bali menggunakan Tari Barong ini untuk mengusir gangguan makhluk gaib yang ada disana. Walaupun banyak versi yang menyebutkan tentang sejarah Tari Barong ini, masyarakat Bali masih mempercayai bahwa Tari Barong merupakan warisan nenek moyang yang dianggap sakral dan memiliki nilai-nilai spiritual di dalamnya.

Fungsi Tari Barong

 

Tari Barong ini selain sifatnya yang sakral juga bisa menjadi hiburan bagi masyarakat. Untuk Tari Barong yang ditampilkan sebagai bagian dari upacara di Pura, biasanya dilakukan dengan serius. Karena berhubungan dengan makna spiritual yang ada sehingga dilakukan secara sakral. Sedangkan Tari Barong yang ditampilkan untuk hiburan, biasanya diselingi dengan adegan-adegan yang lucu. Selain itu ada juga penampilan atraktif dari penari seperti pertunjukan ilmu kekebalan yang membuat decak kagum para penonton.

 

Tari Barong menggambarkan pertarungan antara Rangda yang menggambarkan kebatilan dan Barong yang menggambarkan kebajikan.

  

Gending pembukaan

Ceritanya Barong & Kera sedang berada di dalam hutan yang lebat kemudian muncul tiga orang bertopeng yang menduga bahwa salah satu dari anaknya telah di makan oleh Barong, Ketiga orang bertopeng itu marah dan menyerang Barong.

 

Babak Pertama 

Dua orang penari muncul, mereka adalah pengikut dari Rangda sedang mencari pengikut Dewi Kunti yang sedang dalam perjalanan menemui patihnya.

 

Babak Kedua

 

Pengikut Dewi Kunti tiba, salah satu dari pengikut Rangda berubah rupa menjadi setan (semacam rangda) dan memasukkan roh jahat kepada pengikut Dewi Kunti yang menyebabkan mereka menjadi sangat marah. Keduanya menemui patih dan dan bersama – sama menghadap Dewi Kunti.

 

Babak Ketiga

 

Lalu muncul Dewi Kunti dan anaknya Sadewa, Dewi Kunti telah berjanji kepada Rangda untuk menyerahkan Sadewa sbg korban. Dewi Kunti sebenarnya tak sampai hati mengorbankan anaknya Sadewa kepada Rangda tetapi Rangda memasukkan roh jahat kepada Dewi Kunti yang membuat Dewi Kunti tetap ingin mengorbankan anaknya dengan cara membuang kedalam hutan dan mengikatnya di depan istana Rangda.

 

Babak Keempat

 

Turunlah Dewa Siwa dan memberikan keabadian kepada Sadewa, kejadian ini tidak diketahui oleh Rangda. Kemudian datanglah Rangda untuk membunuh Sadewa tetapi tidak berhasilan karena kekebalan yang dianugerahkan Dewa Siwa. Rangda menyerah kepada Sadewa dan memohon untuk diselamatkan. Permintaan itu di penuhi oleh Sadewa.

 

Babak Kelima

   

Ketika salah seorang pengikut Rangda menghadap untuk diselamatkan juga tetapi di tolak dan menimbulkan perkelahian. Tapi Sadewa berhasil memenangkan perkelahian meski pengikut Rangda sudah berubah menjadi Babi Hutan dan Burung. Tapi Sadewa tidak dapat membunuh pengikutnya Rangda yang juga berubah menjadi Rangda akhirnya Sadewa berubah menjadi Barong. Kemudian muncul pengikut-pengikut Barong mencoba melawan Rangda Tapi semuanya tidak berhasil melumpuhkan Rangda.

 

Terima Kasih atas perhatiannya hehehhehehe

  • Harga Tiket per orang 100 Ribu 
  • Telpon : (0361) 724050
  • Area  :  Griya Anyar Pemogan, Denpasar Selatan             
  • Waktu pertunjukan 09.30 pagi dan sesuai jadwal
  • Lama pertunjukan : 1 jam

 

begitu akhir acara langsung menyempatkan selfie sama barong. kalau agan2 duduk di bawah atau paling depan bisa cepat mendatangi sebelum keduluan org lain hehehhe. boleh kasih donasi alakadarnya di bagian mulut barong tsb

 

Advertisements

About terbang ke bulan

a travel site dedicated for traveler & for GOD to create this beautiful earth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s