1. TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar[1] atau 1,5 kilometer persegi ini terletak pada koordinat 6 derajat 18’6.8”LS, 106 derajat 53’47.2”BT. Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

Disamping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari “Taman Mini Indonesia Indah”. Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini “Indonesia Indah” ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.

Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia “Indonesia Indah”, yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektar. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia.

 

  1. MONUMEN PANCASILA SAKTI

Monumen Pancasila Sakti dibangun atas gagasan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Dibangun di atas tanah seluas 14,6 hektare. Monumen ini dibangun dengan tujuan mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideologi komunis.

Keenam pahlawan revolusi tersebut adalah:

  • Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani,
  • Mayjen TNI  Suprapto
  • Mayjen TNI T. Haryono
  • Mayjen TNI Siswondo Parman
  • Brigjen TNI DI Panjaitan
  • Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo
  • Perwira TNI Lettu Pierre Tendean Ajudan AH.Nasution

Jenderal TNI A.H. Nasution juga disebut sebagai salah seorang target namun dia selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Sebaliknya, putrinya Ade Irma Suryani Nasution dan ajudan AH Nasution, Lettu Pierre Tendean tewas dalam usaha pembunuhan tersebut. Monumen yang terletak di daerah Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur ini, berisikan bermacam-macam hal dari masa pemberontakan G30S – PKI, seperti pakaian asli para Pahlawan Revolusi.

 

  1. TELAGA ARWANA CIBUBUR

Telaga Arwana di Cibubur bisa dijadikan tujuan wisata alternatif bersama keluarga. Selain mempunyai kolam pemancingan yang cukup luas, di Telaga ini juga disediakan beberapa kolam lengkap dengan fasilitasnya, arena outbund, saung untuk anak-anak. Kebun obat-obatan. Maka tak salah jika Telaga Arwana Cibubur atau yang dikenal dengan TAC adalah tempat wisata keluarga yang sangat edukatif.

Bagi sobat yang hobi mancing maka Telaga Arwarna Cibubur bisa dijadikan tempat untuk menyalurkan hobi sobat. Di Pemancingan Galatama sobat bisa dengan nyaman memancing karena sudah dilengkapi dengan atap dengan total 100 lapak. Didekat pemancingan ini juga tersedia toko peralatan mancing yang lengkap

Bagi sobat yang membawa anak-anak maka tempat ini sangat cocok. Telaga Arwana Cibubur yang memiliki luas sekitar 5 hektar ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti arena outbound lengkap dengan segala peralatanya, water park, saung sawah, kolam lumpur, tangkap ikan, motor ATV disertai lintasan yang cukup menantang, hingga wisata tanam padi dan bajak sawah menggunakan kerbau. Untuk kolam renang di Telaga Arwarna Cibubur ini terdapat 3 buah kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda. Pada kolam pertama yaitu yang dekat dengan pintu masuk, memiliki kedalaman hingga 1,2 meter, kolam yang kedua memiliki ukuran yang paling besar. Di kolam kedua ini terbagi lagi menjadi kolam yang dangkal dan dalam. Sedangkan kolam yang terakhir bisa dikatakan waterpark karena memiliki beberapa fasilitas yang cukup menarik bagi anak-anak. Nah untuk berenang di kolam yang ada di Telaga Arwana Cibubur pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 30 ribu.

Sobat juga bisa mengajak anak-anak untuk mencoba wahana tangkap ikan. Namun tentunya harus membayar biaya tambahan lagi yakni sebesar Rp 20 ribu setiap anak. Kemudian setiap anak akan di pinjami sebuah jarring dan ember untuk menangkap ikan-ikan yang ada di kolam. Namun sayangnya ikan-ikan hasil tangkapan tersebut jika akan dibawa pulang harus membelinya dengan harga Rp 5 ribu setiap ekor. Selepas puas bermain-main dengan berbagai fasilitas di Telaga Arwana Cibubur, maka pilihan selanjutnya adalah mandi dan kemudian mencari tempat makan. Sobat bisa menemukan 3 buah kamar mandi disini lengkap dengan shower. Nah untuk tempat makan yang cukup terkenal di Telaga Warna Cibubur adalah warung makan Mang Engking. Menu favorit di warung makan Mang Engking adalah udang bakar madu dan Gurami Bakar bumbu cobek. Menikmati kedua menu andalan tersebut semakin nikmat rasanya, karena dimakan disaung-saung dekat kolam.

Jalan menuju Telaga Arwana Cibubur jika dari Jakarta bisa melalui Tol Jogorawi dan kemudian keluar di pintu tol Cibubur. Dengan jarak tempuh 3 Km dari pintu keluar tol cibubur dan melewati pom bensin Petronas, maka sobat akan sampai di Telaga Arwana Cibubur.

 

  1. CIBUBUR GARDEN DAIRY

Cibubur Garden Dairy atau Cibugary sebenarnya adalah sebuah peternakan sapi perah dan peternakan kambing bernuansa kebun di kawasan Cibubur, namun sang pemilik Bapak Rachmat Baghory berinisiatif untuk menjadikannya sebagai  wisata agro edukatif khususnya untuk anak-anak.

Tujuan Pak Rachmat mendirikan Cibugary Garden Dairy adalah selain ingin menambah pengetahuan anak-anak tentang peternakan sapi, , Beliau juga ingin agar anak-anak mengerti tentang manfaat susu sapi untuk kesehatan dan pertumbuhan.

Pilihan kegiatan untuk anak-anak di Cibugary cukup beragam, mulai dari memerah susu sapi, memberi makan sapi dan kambing, memandikan sapi, melihat proses  pasca panen susu sapi, piknik di taman danbermain di mini playground.

Cara menuju ke Cibugary Garden Dairy:

Keluar Pintu Tol Cibubur, ambil Arah Cikeas / Cileungsi.

1 KM dari Pintu Tol Cibubur ada Pom Bensin Petronas sebelah Kiri Jalan, Persis sebelah/setelah/Sampingnya Pom Bensin Petronas, ada Jalan Jambore, Belok Kiri  masuk Jalan Jambore Lurus terus kurang lebih 1 KM sampai ketemu pertigaan yang ada alfa mart, Belok Kiri, Lurus saja 300 M sampai ketemu hutan jati,  dan di kiri ada Gapura sebelum Pos polisi Pondok Ranggon. Setelah Masuk Gapura Utama 50 meter ada Gapura Cibugary,banyak sepanduk Sapi, belok kanan masuk ke Lokasi Wisata Istana Susu Cibugary

Terakhir sebelum pulang, jangan lupa membeli buah tangan aneka produk susu buatan Cibugary ya..mulai dari susu sapi segar, susu kambing segar, dan Yoghurt aneka rasa! Ilmu bertambah, hati senang dan bawa pulang oleh-oleh penuh gizi 🙂

 

  1. Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur (Buperta Cibubur) adalah kawasan perkemahan yang terdapat di Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Kawasan ini memiliki luas 210 hektar dan sudah berkali-kali menjadi lokasi pelaksanaan Jambore Nasional sejak tahun 1973. Buperta Cibubur dibangun di kawasan yang sebelumnya merupakan hutan karet. Buperta Cibubur dapat diakses dari Terminal Kampung Rambutan dengan angkutan umum jurusan Kranggan atau Mekarsari Jonggol.

Seiiring berjalannya waktu, kawasan Buperta tak lepas dari sentuhan renovasi yang semakin memudahkan pengunjung hingga sekarang. Kemudian mantan Presiden Soeharto meresmikan kawasan Buperta pada tahun 1981. Lahirnya Buperta karena peran besar Pramuka di Indonesia.
Awalnya, lahan bumi perkemahan ini seluas 230 Ha dan menyatu dengan Taman Bunga Wildatika Cibubur. Namun, karena proyek tol Jagorawi lahan terpangkas menjadi 210 Ha dan berpisah dengan taman bunga itu.

Buperta tak berdiri sendiri, mereka di bawah naungan Kwarnas dan bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat sampai TNI Angkatan Udara. Dari semua itu bertujuan untuk mendukung kegiatan Buperta. Di dalam wilayah bumi perkemahan ini juga terdapat lapangan terbang untuk olahraga kedirgantaraan yang memiliki landasan pacu dengan panjang sekitar 1.000 m.

Dari situs resmi Buperta, Kamis (21/5/2013) lahan Buperta terbagi atas beberapa bagian yaitu areal perkemahan di hamparan rumput yang bebas seluas 80 Ha. Di area tersebut masih terbagi 2 bagian yaitu Kemah Putra (Kempa) dan Kemah Putri (Kempi) yang mampu menampung hingga 20.000 orang.

Fasilitas lain yang ditawarkan berupa lapangan utama, aula serbaguna, cafetaria, kolam renang, hutan wisata, danau, sarana peribadatan 5 agama dan toilet. Buperta menyediakan lokasi berkemah bagi siapa saja yang datang. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana bermacam-macam, seperti berkemah, outbound, bermain sepeda air di danau atau sekedar jalan-jalan.

-dikutip dari berbagai sumber-
Advertisements

About terbang ke bulan

a travel site dedicated for traveler & for GOD to create this beautiful earth

2 responses »

  1. Buruh SEO says:

    Wah jadi kepingin ke cibubur nih… Thanks informasinya gan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s