20151210_113819

Sering bepergian naik pesawat terbang? Tapi, apakah Anda sadar bahwa kebanyakan maskapai penerbangan berwarna dasar putih. Jawaban pastinya sih sebenarnya belum ditemukan. Namun, ada beberapa alasan praktis yang cukup menarik untuk Anda ketahui. Simak terus ya ulasannya.

1. Mudah Dilihat
Putih adalah warna yang mudah terlihat baik di langit, tanah atau air. Bila ada retakan atau celah di pesawat juga akan gampang terlihat.

2. Menjaga Suhu Badan Pesawat

Warna putih adalah reflektor hebat sinar matahari dan mencerminkan hampir semua cahaya yang jatuh di atasnya, nggak seperti warna lain yang menyerap beberapa cahaya. Jika ada cat pesawat selain warna putih, ini akan menyerap sinar matahari dan memanaskan badan pesawat. Tentu hal itu jadi sesuatu yang ingin kamu hindari, bukan?

Selain merefleksikan sinar matahari, warna putih juga bisa menghindari badan pesawat dari pemanasan, yang nantinya tak hanya menguntungkan ketika pesawat sedang terbang, tetapi juga ketika pesawat parkir di landasan pacu. Alasannya karena dibutuhkan sedikit waktu untuk mendinginkan badan pesawat di cuaca yang cerah dan kondisi tanah yang panas. Bahkan, beberapa pesawat sebenarnya perlu untuk memiliki lapisan cat putih untuk menjamin struktural suara mesin terbang.

3. Harga Jual Yang Bagus
Warna putih lebih memiliki nilai ekonomi jika menjualnya kembali. Sang pemilik hanya perlu mengecat ulang pesawatnya dan setelah itu deh dijual.

4. Menguntungkan Bagi Perusahaan Penyewaan Pesawat
Sebagian besar pesawat umumnya disewa oleh maskapai penerbangan, sebab kebanyakan perusahaan penerbangan tidak memiliki pesawat. Pesawat-pesawat ini sering disewa dari perusahaan pesawat penyewaan yang besar. Makanya, lebih mudah menyewa sebuah pesawat putih standar dan mengubah ulang logo yang ada di badan pesawatnya.

5. Warna Putih tak akan Pudar

Saat terbang di ketinggian akan terkena berbagai kondisi atmosfer, pesawat terbang berwarna cenderung memudar sehingga membutuhkan banyak pekerjaan untuk mengecatnya agar mempertahankan estetika pesawat. Berbeda dengan pesawat berwarna putih yang tidak akan memudar secara signifikan, bahkan setelah menghabiskan cukup banyak waktu di udara.

Sumber : beberapa blog online

Advertisements

About terbang ke bulan

a travel site dedicated for traveler & for GOD to create this beautiful earth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s