Labuan Bajo atau terkadang dituliskan pula Labuhan bajo atau Labuan bajo, tadinya hanyalah desa nelayan kecil. Namun belakangan namanya mendunia dan menjadi salah satu destinasi pariwisata internasional.

FB_IMG_1474094418886.jpg

Labuan Bajo dilihat dari Pesawat

Labuan Bajo yang ada di pulau Flores ini, dikenal sebagai batu loncatan bagi wisatawan yang ingin meneruskan langkahnya ke pulau Komodo atau Rinca untuk melihat kadal terbesar di dunia itu. Labuan Bajo tadinya hanyalah desa nelayan kecil yang kemudian mengubah diri sesuai dengan perubahan zaman. Banyak wisatawan asing yang datang sebagai bagian dari promosi wisata Indonesia ke dunia internasional.

fb_img_1474072781215

Komodo memang merupakan atraksi pariwisata yang menjadi jagoan di daerah Nusa Tenggara Timur. Daya tarik terbesar itulah yang membuat Labuan Bajo kemudian menggeliat dan menerima kedatangan tamu-tamu dari berbagai belahan dunia. Mendatangi wilayah ini sangatlah mudah, baik melalui jalan darat, laut maupun udara.

Khusus jalur udara, Merpati Airlines melayani rute Labuan Bajo dengan pesawat terbaru MA 60 yang bertolak dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Rute ini tak hanya melayani Labuan Bajo saja, namun terus terbang ke Ende, Maumere dan Kupang. Dengan Merpati, Anda bisa terbang dari kota asal Anda menuju Denpasar dan melakukan transit sebelum menuju Labuan Bajo. Sekarang maskapai penerbangan Trans Nusa dan Garuda Indonesia juga turut singgah dengan terbang setiap harinya dengan pesawat ATR 72 – 600

FB_IMG_1474094347509.jpg Labuan Bajo terletak sekitar dua kilometer dari pusat kota. Untuk dapat sampai ke kota tersedia berbagai angkutan, mulai dari ojek hingga taksi. Ingin menikmati pemadangan dari bandara ke kota tak juga dilarang. Dengan berjalan kaki, biasanya waktu tempuh menuju kota sekitar 20 menit.

Labuanbajo0

Bagi Anda yang menggunakan jalur udara, ada baiknya Anda mengingat betul kapan akan meninggalkan Labuan Bajo. Soalnya, tiket penerbangan tidak pernah tersedia jika Anda melakukan pembelian pada menit-menit menjelang pemberangkatan. Baik agen perjalanan maupun loket tiket tak selalu mau menerima uang Anda meskipun kapasitas penumpang belum penuh. Jadi sebaiknya membeli tiket beberapa hari sebelumnya sesuai dengan rencana liburan Anda.

Labuan Bajo juga dapat dicapai dengan menggunakan jalur laut. Biasanya perjalanan laut ini dikelola oleh beberapa perusahaan perjalanan. Lama waktu yang ditempuh adalah 4 hari, 3 malam. Pengelolaan jalur laut ini terdapat di Bali dan Lombok. Jika Anda menggunakan jalur laut, biasanya Anda akan dibawa menuju kapal yang bersandar di pelabuhan di wilayah Lombok Timur. Tidak perduli darimana Anda melakukan pemesanan tempat, pasti dibawa menuju pelabuhan ini. Sedangkan kapal feri yang berangkat dari Sape melakukan perjalanan setiap hari dan mencapai pelabuhan Labuan Bajo sekitar pukul dua siang waktu setempat.

Sedangkan Pelni mengoperasikan dua kapalnya untuk melayani jalur laut menuju Labuan Bajo. Kapal Tilong melayani rute ini dua minggu sekali menuju Bima, Lembar dan Benoa setiap hari Kamis, kemudian disambung menuju Makasar dan pelabuhan lainnya di Sulawesi. Sedangkan kapal Wilis berangkat menuju Bima, Benoa dan Surabaya setiap hari Sabtu.

Tak sedikit pula perusahaan jasa wisata yang menggunakan jalur laut ini. Atraksi wisata yang dibawa oleh kapal-kapal wisata ini biasanya memiliki kesamaan. Seperti snorkeling, treckking, melihat komodo, menyaksikan terumbu karang yang indah, merapat ke pantai-pantai perawan dan mengunjungi air terjun.

 

Kota 10 Menit

Untuk menjelajah kota Labuan Bajo tak memerlukan waktu yang lama. Hanya sekitar 10-15 menit berjalan kaki, Anda sudah dapat mengelilingi kota ini. Juga tersedia jasa ojek –dengan bayaran sekitar Rp3 ribu – Rp5 ribu, yang dengan senang hati mengajak Anda berkeliling kota. Terdapat pula bemo yang dapat Anda tumpangi, yang silihberganti menawarkan jasa ke tujuan-tujuan tertentu. Bila Anda mau, terdapat pula jasa penyewaan sepeda motor dengan uang sewa Rp.75 ribu sehari penuh.

Meskipun Labuan Bajo merupakan sebuah kota kecil, bukan berarti fasilitas yang tersedia menjadi minim. Sebagai destinasi wisata internasional, Labuan Bajo memiliki fasilitas beragam. Seperti tersedianya sejumlah bank yang menjamin terjadinya transaksi keuangan dan bisnis. Begitu juga dengan outlet-outlet penukaran mata uang asing yang dibutuhkan oleh wisatawan mancanegara.

Fasilitas pariwisata lainnya yang harus tersedia adalah toko-toko cindera mata bercirikan kebudayaan atau produk lokal. Toko-toko seperti ini banyak terdapat di kota yang menjual mulai dari kain-kain tenun lokal sampai patung-patung pahatan berbentuk komodo. Toko-toko ini tersebar di sepanjang jalan di kota.

Atraksi wisata di pasar sangat menarik pula untuk diperhatikan. Datanglah ke pasar pagi-pagi sekali, Anda akan menemukan interaksi sosial yang belum pernah Anda jumpai. Termasuk pula berbagai produk-produk lokal yang sayang untuk dilewatkan. Seperti rempah-rempah segar, biji kopi yang harum dan berbagai produk lainnya bercirikan lokal.

Labuan Bajo memang tengah menggeliat menjadi kota tujuan wisata dunia. Tak mengherankan bila kemudian kota ini berbenah diri dan menyediakan berbagai kebutuhan penunjang pariwisata. Ambil contoh saja untuk memenuhi kebutuhan makan terdapat berbagai ragam restoran dengan berbagai ragam menunya pula. Mulai dari rumah makan padang yang dapat diterima oleh semua orang Indonesia, termasuk pula rumah makan dengan ciri khas Makasar yakni dengan sajian menu makanan coto makasar.

Kemudian rumah makan cina yang juga dapat mudah diterima oleh semua orang dan tentunya rumah makan dengan menu ala barat untuk memberikan kesan di rumah sendiri bagi wisatawan dari belahan bumi barat. Tak ketinggalan pula adalah rumah makan dengan sajian lautnya. Tentunya sebagai desa nelayan yang tak pernah lepas dari produk laut, maka rumah makan jenis ini memberikan menu makanan yang sangat menggoyang lidah.

Sebagai tambahan untuk memanjakan tamu-tamu restorannya, kebanyakan restoran-restoran yang ada di Labuan Bajo sudah melengkapi dirinya dengan jaringan wi-fi gratis. Bila menginginkan terhubung dengan dunia luar, beberapa warnet di sebelah selatan kota sudah melengkapi diri dengan perangkat keras yang terbaru. Sehingga koneksi dapat berjalan dengan lebih baik lagi.

Yang patut Anda perhatikan adalah sajian arak lokal yang banyak dijual di seputaran kota. Arak lokal ini biasanya mengandung konsentrasi alkohol yang tinggi. Konsumsi arak yang terlalu banyak dapat menyebabkan kebutaan bahkan kematian.

Menyelam

Labuan Bajo menyimpan atraksi wilayah yang cenderung masih asri dan alami. Tak mengherankan bila kemudian dapat menarik banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke sini. Pantai-pantai di Labuan Bajo masih alami dengan air kebiruan yang bersih. Kemudian rangkaian pulau-pulau yang berdekatan dengan Labuhan Bajo merupakan magnet yang tiada duanya. Terutama adalah pulau Komodo yang menjadi habitat asli dari kadal raksasa, Komodo. Ditambah pula dengan keindahan bawah air yang merupakan atraksi wisata penyelaman dan snorkelling.

FB_IMG_1474094391466.jpg

Wilayah Taman Nasional Komodo, yang merupakan wilayah konservasi Komodo terbuka untuk didatangi oleh wisatawan. Untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar US$15 yang bisa dipakai untuk tiga hari. Kegiatannya tentulah tak hanya melihat kehidupan Komodo saja. Melainkan dapat pula melakukan penyelaman di wilayah taman nasional ini.

Wisatawan yang akan melihat komodo, biasanya lebih menyukai pulau Rinca. Di pulau ini terdapat pula komodo seperti yang ada di pulau Komodo. Kondisi lingkungannya jauh lebih menyenangkan dan dirasa lebih memberikan kesenangan. Bila sudah membeli tiket dari taman nasional sebelumnya, wisatawan hanya tinggal memasuki wilayah wisata ini. Namun bila belum sempat membelinya, harga tiket masuk ke taman ini Rp.90 ribu ditambah honor guide sebesar Rp.50 ribu.

FB_IMG_1474094293113.jpg

Tak hanya kesenangan melihat komodo saja yang dapat disaksikan dalam wilayah wisata ini. Wilayah Taman Nasional Komodo ini juga menggelar berbagai titik-titik penyelaman dengan pemandangan yang indah. Wilayah ini dikenal dalam dunia biologi kelautan sebagai wilayah yang sangat kaya. Terutama adalah keberadaan dari berbagai ragam terumbu karang dan habitat laut lainnya. Dibutuhkan waktu seharian untuk melakukan penyelaman. Karena ada banyak titik yang layak untuk diselami.

Untuk menunjang kebutuhan penyelaman, sudah tumbuh usaha-usaha yang menawarkan jasa penyelaman ini. Biasanya paket yang ditawarkan adalah paket penyelaman sehari dan tiga hari. Untuk paket harian biasanya dipatok dengan harga Rp.800 ribu yang sudah meliputi dua penyelaman, peralatan penuh dan makan siang. Harga untuk penyelaman tiga hari mencapai Rp.2,3 juta dengan fasilitas yang sama. Peralatan yang disediakan sudah terjamin keamanannya. Hanya saja menyelam di perairan labuan Bajo bukan untuk pemula. Ini dikarenakan arus bawah laut yang sangat kuat.

Pulau Wisatawan

Sama halnya dengan menyelam, snorkelling sangat banyak diminati oleh wisatawan mancanegara. Snorkelling jauh lebih aman bagi penyelam pemula untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Di samping itu snorkelling dapat dilakukan di perairan dangkal yang tidak terlalu berbahaya.

Salah satu tempat menarik untuk snorkelling terdapat di pulau Seraya. Pulau Seraya terlindungi dari lautan terbuka, sehingga memiliki wilayah pantai yang tenang dan bersih. Dengan kondisi lingkungan seperti itu, membuat pulau Seraya menjadi lokasi snorkelling yang menyenangkan. Ditambah lagi dengan fasilitas wisata di pulau ini yang dibuat sederhana menjadikan pengalaman berwisata sangat menyenangkan. Meskipun terkesan sederhana, bukan berarti restoran yang ada menjadi sangat minim. Justru kondisi seperti ini yang disukai oleh wisatawan mancanegara. Pulau Seraya juga memiliki titik terbaiknya, sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan matahari terbenam di lautan lepas.

Pulau lainnya yang menarik adalah pulau Kalong, pulau kecil yang dihuni oleh ribuan kalong dengan berbagai ukuran. Kalong-kalong ini bergelantungan di pohon-pohon bakau yang terkadang beterbangan membentuk awan hitam. Kabarnya dibutuhkan waktu 20 menit untuk semua kalong-kalong itu meninggalkan habitatnya menuju pulau Rinca.  Dibutuhkan waktu satu jam dari Labuan Bajo sampai ke pulau Kalong.

Biasanya wisata ke pulau Kalong dijadikan satu paket dengan snorkelling dan mengunjungi pulau Rinca. Wisata ke pulau ini biasanya didahului dengan melakukan snorkelling di sekitar pulau terdekat dengan labuan Bajo. Kemudian baru menuju pulau Kalong menyaksikan mamalia terbang ini. Perjalanan diakhiri menuju pulau Rinca dan kembali ke Labuan Bajo.

Area snorkelling terbaik di kawasan Asia Tenggara terdapat di pulau Kanawa. Di wilayah perairan pulau ini terdapat berbagai jenis karang yang merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan. Terdapat pula penyu, batu-batu karang dan hiu. Lokasi pulau Kanawa ini sekitar 10 km dari Labuan bajo, memakan waktu lebih dari satu jam menggunakan perahu. Tepatnya persis berbatasan dengan Taman Nasional Komodo.

Di pulau Kanawa terdapat resor kecil dilengkapi dengan restoran, pusat selam PADI dan fasilitas menginap. Larangan yang dijaga ketat di kawasan pulau ini adalah memancing. Namun wisatawan masih dapat menikmati kelezatan makanan laut hasil tangkapan nelayan yang berada di luar perairan kepulauan ini. Atraksi lainnya yang menyenangkan adalah penyu-penyu yang sering mampir ke pulau ini dan dapat didekati oleh pelancong pulau Kanawa.

FB_IMG_1474094406573.jpg

View dari Bukit Cinta

Bila berwisata di Labuan Bajo belumlah puas, Anda dapat menyusuri daerah wisata lain di pulau Flores. Melalui jalan darat dengan menggunakan bis 12 tempat duduk Anda dapat menuju daerah Ruteng, Bajawa, Ende, Moni, atau Maumere.

FB_IMG_1474094373612.jpg

dari berbagai sumber

Advertisements

About terbang ke bulan

a travel site dedicated for traveler & for GOD to create this beautiful earth

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s